Jumat, 20 Juli 2012

Fungsi dan Cita rasa Seni

Fungsi Seni

Ada dua fungsi seni secara garis besar, yaitu :
·         Bagi kepentingan individu
Dalam kaitannya dengan individu, seni memberikan peran dalam menciptakan peradaban manusia. Selain itu, dengan adanya seni manusia bisa menumpahkan unsur emosional mereka secara positif.
·         Bagi kepentingan sosial
Di bidang sosial, seni mampu mewarnai beberapa kehidupan manusia, seperti terlihat dalam berbagai seni arsitektur tempat beribadah manusia. Seni juga disampaikan sebagai ajang menyampaikan pesan agama dan moral kepada manusia. Melalui seni pula, kita bisa menyampaikan pesan budi pekerti untuk menunjang proses pendidikan masyarakat.

Citarasa Seni Dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Dari pengertian seni kita dapat melihat betapa luasnya pengertian seni. Dan rupanya masing-masing mengartikan seni menurut pengalaman seni yang berbeda-beda sehingga, kita menyadari bahwa seni telah menjadi baian hidup manusia yang menyeluruh. Seni telah mengisi kehidupan manusia dalam berbagai bidang kehidupan.

Setelah mencermati pengertian seni menurut para ahli, kita dapat berpikir lebih jauh bahwa, kehidupan manusia tanpa seni adalah kemustahilan. Karena seni adalah bagian dari hidup, bahkan hidup itu sendiri adalah seni. kita melihat bahwa, seni terkait erat dengan emosi, daya hidup, perasaan dan keindahan. Yang terlihat dengan jelas bila semua itu merupakan esensi dari keberadaan manusia.

Demikian juga seni tidak dapat dipisahkan dari kegiatan spiritual manusia. Seni dan agama adalah dua keindahan yang sejati memiliki satu sumber, yaitu Tuhan yang Maha Indah. Hal ini dapat kita buktikan karena pengertian seni menurut para ahli telah mengungkapkannya dengan jelas, dan kenyataannya setiap atribut keagamaan selalu menampilkan citarasa seni. Bukan berarti agama telah memanfaatkan seni, tetapi keindahan yang berarti seni itu sendiri memang bagian dari agama yang tak terceraikan.

Bagi kita, dengan memahami pengertian seni menurut para ahli itu, kita dapat belajar menempatkan seni dalam perikehidupan kita sesuai dengan bidang yang kita tekuni. Karena dengan menyertakan seni di dalamnya maka, akan terasa utuh dan hidup selain indah dan mengesankan hati. agar hidup lebih hidup, begitu istilahnya, maka apapun bidang yang kita kerjakan nilai seni harus turut hadir di sana. Begitulah realitas kehidupan yang sebenarnya karena, kehidupan adalah karya Tuhan yang Maha indah.

Demikian ulasan singkat tentang pengertian seni menurut para ahli, semoga dari uraian ini kita dapat memperoleh manfaat dan bisa menjadi bahan refrensi yang berguna. Selain daripada itu semoga kita juga semakin mengagungkan seni dalam kehidupan kita sehari-hari. Bagi bangsa yang berbudaya dan memiliki semangat kemajuan, tentu seni adalah sarana untuk mengangkat pamor bangsa. Ketika olah seni sudah semakin banyak digemari oleh masyarakat maka, keunggulan budaya bangsa semakin meningkat di mata dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar