Jumat, 20 Juli 2012

Pengertian seni menurut beberapa ahli

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

 Ada beberapa pengetian seni menurut para ahli yang banyak dijadikan rujukan para pegiat seni. Diantaranya adalah pendapat yang disampaikan oleh :
·         Ki Hajar Dewantara
Pengertian seni menurut bapak Pendidikan Indonesia adalah semua aktivitas dan tindakan manusia yang muncul dari hidup dan perasaannya serta memiliki sifat keindahan sehingga mampu menggerakkan perasaan dan jiwa seseorang.
·         Prof. Drs Suwaji Bastomi
Menurutnya, seni dipandang sebagai sebuah aktivitas batiniah yang didasari adanya pengalaman estetis yang terwujud dalam bentuk yang indah. Sehingga dari perwujudan tersebut mampu menimbulkan rasa kagum serta keharuan bagi mereka yang menikmatinya. 
·         Drs. Sudarmadji
Seni merupakan kumpulan perwujudan batiniah serta pengalaman estetik yang diwujudkan melalui media bidang, garis, warna tekstur volume serta adanya komposisi gelap terang. 
·         Ensiklopedia Indonesia
Seni merupakan segala sesuatu yang berwujud atau tidak berwujud, yang mampu memunculkan sebuah keindahan sehingga semua orang yang menyaksikan atau mendengarkan akan merasa senang.
·         Schopernhauer
Ahli ini melihat seni dari sudut pandang seni bermusik. Menurutnya, seni merupakan semua proses penciptaan bentuk yang menyenangkan. Sehingga, semua orang akan merasa senang pada seni musik, sebab walaupun bersifat abstrak namun musik merupakan bagian dari seni. 
·         Eric Ariyanto
Seni merupakan aktivitas rohani atau jiwa yang diwujudkan ke dalam wujud karya sehngga mampu menggugah perasaan orang lain yang menyaksikan atau mendengarkan.
·         Alexander Baum Garton
Seni merupakan suatu keindahan dan seni merupakan tujuan yang positif yang mampu menyebabkan para penikmat seni bisa merasa bahagia.
·         Emanuel Kant
Menurut ahli tata negara ini, seni dipandang sebagai sebuah mimpi. Sebab, di dalam seni terdapat rumus yang tidak mampu diwujudkan dalam sebuah bentuk nyata
·         Leo Tolstoy
Seni adalah sebuah proses untuk memunculkan kembali nilai rasa seseorang dari apa yang pernah mereka alami dalam kehidupan. 
·         Aristoteles
Seni merupakan suatu bentuk pengungkapan dan penampilan yang tidak pernah mengalami penyimpangan dari kenyataan yang ada. Selain itu seni merupakan sebuah proses peniruan alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar